Translate

Tuesday 21 January 2014

KEAJAIBAN BISMILLAH


Syaikh Muhammad As-Sanwani, Grand Syaikh Al-Azhar Mesir yang ke-13 dalam kitabnya bernama “Hasyiyah Ala Mukhtashar ibnu Jamrah” yang berisi penjelasan kitab Mukhtashar Shahih Bukhari. Menulis beberapa kisah nyata tentang keajaiban basmalah. 
Diantaranya beliau menurutkan, “Suatu ketika Abu Hurairah ra, salah satu sahabat Nabi yang terkenal, bertemu dengan setan penggoda orang mukmin dan setan penggoda orang kafir. Setan penggoda orang kafir itu gemuk, segar, rapi dan memakai baju bagus. Sedang setan pengoda kaum mukmin kurus, kering kusut dan telanjang. 

Setan gemuk bertanya kepada setan yang kurus kering, “kenapa keadaanmu sangat menydihkan?” setan kurus menjawab, “Aku bertugas menggoda orang-orang mukmin yang sealu berzikir dan membaca basmalah menyebut nama Allah, ketika hendak makan dan minum menyebut nama Allah maka aku tetap lapar dan haus, ketika memakai minyak menyebut nama Allah hingga aku tetap kusut demikian juga menyebut nama Allah hingga aku tetap telanjang. Setan gemuk menyahut, “Beruntunglah aku bersama orang kafir segala apa yang dilakukan tidak pernah menyebut nama Allah, hingga saat makan bisa ikut makan sampai gemuk, saat memakai minyak hingga berminyakan sampai licin dan waktu berpakaian bisa ikut sehingga aku tidak telanjang.”
Begituah, betapa agung faidah membaca basmalah. Setan tidak bisa ikut makan makanan orang yang membaca “Bismillahirrahmanirrahim”. Bahkan dalam sebuah Hadits Rasulullah SAW bersabda, “Bahwa rumah yang dibacakan basmalah setan tidak akan bercokol dan bermalam di dalamnya.”
Baginda Rasulullah SAW mengajarkan agar umatnya memulai segala perbuatan baik dengan membaca basmalah, dengan menyebut nama Allah SWT agar perbuatannya benar-bena rpenuh berkah, tidak diganggu setan dan mendapatkan ridha Allah Yang Maha Rahman. (Kat).

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Majelis Ulama Indonesia

Radio Dakwah Syariah

Nahimunkar