Translate

Friday 15 May 2020

TINGGALKAN DOSA BESAR, ALLAH AKAN MENGAMPUNI DOSA KECILMU


“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar diantara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” (QS. An-Nisa’:31)

Sebenarnya tidak ada dosa yang kecil maupun yang besar jika kita melihat siapa yang kita langgar. Namun harus disadari apapun dosanya, kita sedang menyalahi ketentuan Sang Pemilik Alam Allah SWT.

Namun dosa itu bisa menjadi besar maupun kecil bila kita menisbatkannya dosa sendiri. Ayat di atas menegaskan bahwa apabila meninggalkan dosa besar maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kecilmu. Ayat tersebut tidak ingin melegalkan dan membuka peluang untuk melakukan dosa-dosa kecil asal tidak melakukan dosa besar sama sekali tidak. Tapi ayat itu mengatakan, ketika meninggalkan dosa besar sedang mampu melakukannya, maka Allah akan mengampuni dosa kecilmu. Firman Allah: “Perbuatan-perbuatan bak itu akan menghapus kesalahan-kesalahan.” (QS. Hud:114). Pada akhir ayat ini menyebutkan, “dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).”

Karena surga tidak akan bisa dimasuki sebelum seseorang bersih dari dosa-dosanya karena surga adalah tempat bersih dan tidak akan masuk ke dalamnya siapapun yang masih ada kotoran dalam dirinya.

Maka tinggalkan semua dosa seraya memohon ampun selalu kepada Allah SWT. Dalam sabdanya Rasulullah SAW. “Tidak ada dosa bila telah memohon ampunan. Dan tidak ada dosa kecil bila terus dilakukan.”

Jangan pernah meremehkan dosa kecil, karena yang kecil bila diremehkan akan menjadi dosa besar. Dan jangan pernah berputus asa dengan besarnya dosa yang diperbuat, karena sebesar apapun dosa yang diperbuat pasti pintu ampunan-Nya lebih besar dan lebih luas. (ds).

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Majelis Ulama Indonesia

Radio Dakwah Syariah

Nahimunkar