Translate

Monday 8 June 2020

MENUTUP PINTU DENGAN BASMALAH

Dari Jabur bin ‘Abdillah, Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Jika hari mulai gelap tahanlah anak-anak kalian (untuk keluar rumah) karena saat itu setan sedang berkeliaran. Jika telah lewat sebagian malam biarkanlah mereka. Tutuplah pintu-pintu dan ucapkanlah Bismillah, karena sesungguhnya setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup.” (HR. Bukhari no: 5623 dan Muslim no: 2012).

Pelajaran yang didapat dari dalam hadits di atas adalah:

1.      Di antara kelemahan syetan, ia tidak dapat masuk dalam rumah yang pintunya ditutup dengan menyebut nama Allah.

2.      Syetan tidak mampu membuka pintu yang terkunci yang disebutkan nama Allah atasnya.

3.      Sebagai seorang muslim yang telah bersyahadat haruslah berlindung hanya kepada Allah SWT Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa dan tidak kepada selain-Nya di dalam urusan-urusan yang menyanggupinya kecuali Allah Subhanahu wa ta a’la.

Yang harus dilakukan selain dari berbagai upaya manusia untuk tetap menjaga keamanan tempat tinggal, dengan menguncinya secara rapat dan baik, agar seseorang menjaganya. Dan berbagai upaya mendekatkan diri dan memohon perlindungan kepada Allah, juga harus  dilakukan:


1.      Membiasakan membaca ayat kursi setiap hari terutama apabila hendak tidur.


2.      Membiasakan untuk melakukan dzikir harian setiap pagi dan siang.


3.      Memperbanyak membaca Al-Qur’an terutama surat Al-Baqara. Sebagaimana hadits Nabi Shollallohu alaihi wasallam, Jangan jadikan rumahmu seperti kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang selalu dibacakan di dalam surat Al-Baqarah.” (WR. Muslim).


4.      Membaca al-mu’awwidzatain (surat al Falaq dan An Naas), sebagaimana diriwayatkan dari Abu Sa’id berkata,Rasulullah sholallohu alaihi wasallam biasa meminta perlindungan dari jin dan pandangan jahat sampai al muawwid zatin diturunkan. Ketika diturunkan, beliau mengguna-kannya dan meninggalkan yang selainnya.” (HR. Tirmidzi).


5.      Sejatinya syetan tidak mempunyai kemampuan untuk menggoda mereka orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, Sesungguhnya kekuasaannya (syetan) hanyalah atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah. (ds)

1 comment:

Entri Populer

Majelis Ulama Indonesia

Radio Dakwah Syariah

Nahimunkar