Translate

Monday 9 March 2015

KEKAYAAN YANG PALING BERHARGA

pic.kaskus dot com
  Dan sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain saling tanya-menanya. Mereka berkata: "Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan diazab).  Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab neraka. Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dia-lah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang.” (QS. At Thuur (52) : 25-28)


Iman adalah kekayaan yang paling berharga, karena dengan Iman orang akan menjadi berhati-hati dank arena dengan iman pula orang akan bertaqwa. Taqwa dengan kesungguhan dengan menjalankan segala perintah Allah SWT serta meninggalkan segala larangannya, meskipun dirasa sangat mengenakkan. JAnji Allah adalah pasti. Maka ada 5 janji Allah SWT bagi orang-orang beriman.

1.       Bagi orang-orang yang beriman akan diberi kehidupan yang baik, karena berhati-hati orang bertiman selalu menjalankan kehidupan yang baik. Mencari nafkah dengan baik berperilaku dengan baik karena takut kepada Allah dan Allah akan selalu member hidayah-Nya.

2.       Selalu diojaga dan dipelihara Allah SWT. Orang beriman selalu dijaga pleh Allah SWT. Ibadahnya diberi hidayah istiqamah, hatinya selalu tertaut di masjid, hidupnya penuh kesabaran serta peduli sesame.
3.       Diberi pertolongan dari Allah SWT. Orang-orang yang beriman tidak pernah khawatir akan kehidupannya, karena keimanannya ia akan selalu percaya bahwa segala sesuatu adalah datangnya dari Allah SWT hingga apa yang diterima dan apa yang didapat adalah yang terbaik.

4.       Allah SWT akan memberikan kekuasaan di bumi dengan kekuasaan yang baik. Kekuasaa yang bermanfaat dan bermartabat bagi kemaslahatan umat.

5.       Allah SWT akan member kekuatan dalam kehidupannya karena keimanannya. Orang yang beriman akan mampu menerima segala cobaan-cobaan dan menerima dengan iklhas dan sabar karena yakin Allah SWT akan memberikan kekuatan baginya.

Namun iman yang seperti apa yang bias menghadirkan itu semuanya? Kerap kali kita dengar ucapan “Saya sudah beriman.” Namun yakinkah bahwa keimanannya sudah benar? Ada tiga hal keimanan yangbisa menghantarkan keridhaan dari Allah SWT. 

Pertama, iman yang bias melahirkan KEIKLHASAN, adalah orang-orang yang mampu mewujudkan “Inna shalaati wanusuki wamahyaaya wamamaati lillahi rabbil ‘aalamiin”. Serta bersih dari segala rasa ragu dan dalam melaksanankan ibadah sesuai dengan yang dicontohkan NAbi Muhammad SAW, membersihkan dari pengaruh syirik, tidak mempertuhankan nafsu dunia.

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan Sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang Telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang Telah mereka kerjakan.” (QS. Huud (11) : 15-16)

Kedua, Iman yang bias melahirkan SEMANGAT. Semangat mengabdi kepada Allah SWT selalu merasa tidak puas akan ibadah-ibadah yang dikerjakan, serta tidak mempunyai rasa malas dalam berbagai hal. Mempunyai kepekaan yang tinggi kepada sesame.

Ketiga, Iman yang bias melahirkan PERUBAHAN. Dengan ilmu (Quran dan Sunnah) mampu membawa perubahan kea rah yang lebih baik. Denagn ilmu bias membawa perubahan ucapan maupun tingkah laku karena khazanah keilmuannya yang meningkat. Dari segala hal tersebut kata kunciya hanyalah MAHABAH (Rasa cinta kepada Allah SWT) Walllahu a’lam bishawab. Ds.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Majelis Ulama Indonesia

Radio Dakwah Syariah

Nahimunkar