Translate

Friday 23 August 2013

SIFAT-SIFAT RASULULLAH SHALALLAHU ALAI WASALAM


Al-Bara’bin ‘Azib ra, menuturkan, “Rasulullah SAW adalah seorang yang sangat tampan wajahnya, sangat luhur budi pekertinya, beliau tidak terlalu jangkung dan tidak terlalu pendek.” (HR Al-Bukhari).
Rasulullah Shalallahu alahi wasalam memiliki dada yang bidang dan lebar, beliau memiliki rambut yang terurai sampai ke cuping telinga (bagian bawah telinga), saya pernah menyaksikan beliau mengenakan pakaian berwarna merah, belum pernah saya melihat sesuatu yang lebih indah dari pada itu,” (HR. Al-Bukhari).
Abu Ishaq As-Sabi’i berkata seseorang pernah bertanya kepada Al-Bara’bin ‘Azib ra: “Apakah wajah Raulullah SAW lancip seperti sebilah pedang?” ia menjawab, “Tidak, bahkan bulan bagaikan rembulan!” (HR. Al-Bukhari).

Anas bin Malik ra mengungkapkan  “Belum pernah tanganku menyentuh kain sutra yang lebih lembut dari pada telapak tangan Rasulullah SAW. Dan belum pernah aku mencium wewangian yang lebih harum dari pada aroma Rasulullah SAW.” (Muttafaq ‘alaih).
Abu Sa’id Al-Khudri ra mengatakan: “rasulullah SAW itu lebih pemalu dari pada gadis dalam pingitan. Jaka beliau tidak menyukai sesuatu, niscaya kami dapat mengetahui ketidaksukaan beliau dari wajahnya.” (HR Al Bukhari). Demikianlah beberapa sifat dan Budi Pekerti Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam.
Dinukil dari kitab Sehari di Kediaman Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. Oleh: Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim).

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Majelis Ulama Indonesia

Radio Dakwah Syariah

Nahimunkar